Selama ini orang berpikir bahwa kita membutuhkan sebuah mikroskop untuk melihat sebuah bakteri karena kita tidak akan mampu melihat sebuah bakteri hanya dengan mata telanjang. Tetapi sekarang pemikiran seperti itu sudah tidak dianggap tepat lagi.Bakteri terbesar yang dikenal hidup adalah organisme satu sel yang baru ditemukan yang biasanya hidup di usus ikan yang mendiami pulau Lizard, Queensland Australia. Bakteri raksasa baru ini ukurannya sebesar tanda petik di surat kabar.
Dr. Ester Angert, paneliti pada University of Indiana di Bloomington dan orang yang ikut menemukan bakteri raksasa itu mengatakan, “Bakteri itu sedemikian besarnya sehingga kamu dapat memasukkan elektroda ke dalamnya.”
Bakteri itu diberi nama Epulopiscium fishelsoni dan ikan tempat bakteri itu hidup diberi nama Acanthurus nigrofuscus. Sekali lagi, secara teoritis, kalau kita makan ikan itu, seorang manusia dapat menjadi inang atau tuan rumah bakteri ini untuk sementara. Tetapi jika bakteri ini ingin tinggal secara permanent merupakan masalah lain. Boleh jadi bakteri itu tidak ingin hidup dalam makhluk yang begitu besar seperti manusia.











Acanthurus nigrofuscus- inang bakteri terbesar

0 komentar:

Posting Komentar